Kekopakan KUNCI Utama

Kekompakan merupakan sesuatu yang mudah diucapkan tapi sulit direalisasikan. Kekompakan menurutku adalah suatu ikatan yang kuat yang akan memberi warna tersendiri dari pelakunya . dulu waktu di Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah memang mudah untuk kompak satu kelas. Kemana – mana bareng. Terlihat begitu keren dan terlihat begitu kuat ikatannya. Biasanya kekompakan akan lebih terlihat saat ada even-event tertentu, seperti saat lomba class meeting, milad, olahraga dan dalam kelas. Dulu aku merasakan kekompakan yakni waktu aku di Madrasah Aliyah tapi hanya ketika ada lomba-lomba antar kelas, terlihat begitu totalitas dalam melakukannya selalu bersama-sama dan ramai, saling melangkapi itulah kekompakan. Sekarang ini kita sudah berada ditingkat paling tinggi di dunia pendidikan yakni masa perguruan tinggi, lalu bagaimana kekompakan kita kalau di masa-masa kuliah? Yang notabene jumlah satu angkatan lebih banyak tidak hanya sebanyak satu kelas seperti waktu masa-masa waktu madrasah aliyah sama madrasah Tsanawiyah.



Perlu diketahui kekompakan bisa diwujudkan dengan saling mengenal satu sama lain. Layaknya seperti keluarga yang mempunyai rasa kekeluargaan yang kuat. Rasa seperti ini, akan tumbuh dan muncul saat kita saling mengerti satu sama lain dan sering merasakan susah senan bersama. Karakter inilah yang akan menguatkan satu angkatan. Emang untuk mengenal dan menghafal satu angkatan yang berjumlah 64 anak tidaklah mudah. Tapi ada solusi untuk masalah ini yakni, dengan kita saling berkumpul dan tatap muka satu angkatan, susah senang bareng, dan keluar untuk liburan dan tamasya bareng akan menumbuhkan rasa kekeluargaan. Dengan adanya rasa kekeluargaan yang erat akan menimbulkan respect dari tiap-tiap individu. Ada rasa hubungan antar individu dengan individu lain. Kalau saumpama ada yang sakit, ada rasa untuk menjenguk dan merasa ada yang kurang dari temannya. Merasa tidak enak kalau temennya ada yang kesusahan. Itulah kekeluargaan yang selalu ada kaitannya dengan kekompakan dan kesatuan angkatan.



Teknik pengelasan yang terkenal sebagai salah satu prodi di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya yang mahasiswanya kompak dan solid, lalu apa sih yang membuat prodi ini menjadi satu prodi yang sangat kompak. Ya, jargon dari teknik pengelasan yang berbunyi “WE BROTHERS” menjadi senjata utama untuk menyatukan seluruh mahasiswa teknik pengelasan. Bahwa mahasiswa teknik pengelasan itu harus Berani (Brave), Taat pada peraturan yang ada (Rule),  percaya diri (Optimist), berjiwa muda yang semangat (Teenage), jujur (Honest), memaksimalkan dan mencoba meningkatkan kemampuan (Explore), peka terhadap lingkungan (respect), kuat dalam arti fisik, mental, dan rohani (Strong). Aku disini juga selaku mahasiswa teknik pengelasan merasakan betul betapa jiwa we brothers- nya , meski ada yang perempuan kami merasa ini lho kami teknik pengelasan yang tidak ada seniorritas,  Sedulur sak lawase, bisa dikatakan seperti itu. Untuk kekompakan dari mahasiswa teknik pengelasan tak perlu ditanyakan lagi. Pada tiap tahunnya prodi teknik pengelasan selalu menjadi prodi terkompak dalam event tahunan di Politeknik perkapalan negeri surabaya.  Jadi, aku ingin sekali meneruskan prestasi ini dan totalitas untuk prodi ini.


Dalam satu angkatan ada saja yang bandel yang pasti mementingka diri sendiri. Tapi itu merupakan hal yang wajar dan tak bisa untuk dihindari. Dengan jargon kita we brothers mari kita buktikan kepada yang lain ini lho kami warga Teknik Pengelasan PPNS kompak, tidak hanya satu angkatan tapi juga satu Welding Engineering.  Satu angkatan inilah yang perlu kita kompakan dulu kalau satu angkatan sudah solid tinggal kita solidkan dengan angkatan atas kita. Untuk harapannya kalau kita satu kita akan mudah terkalahkan tapi kalau kita satu angkatan bahkan satu teknik pengelasan kita pasti tak terkalahkan. Ingat kamu tak sendiri disini vivat TL! WE Brothers
SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar