Apa sih Ismul A'zhom itu?



Assalamualaikum wr.wb.

kali ini saya akan berbagi pengetahuan "Apa sih Ismul A'zhom itu? ". Saya pernah diberitahu oleh salah satu Ustadz saya di PonPes, bahwa ismul a'zhom sangat istimewa. seperti sebuah karomah yang dilakukan dengan perantara do'a.

IsmulA’zhom atau Ismullahil A’zhom, yaitu Nama Allah Yang Paling Agung yang ada di dalam Al Qur’an dan jika digunakan untuk berdoa maka doa orang tersebut akan dimustajabkan oleh Allah Swt. dengan segera. Penggunaan Ismullahil A’zhom dalam berdoa adalah merupakan sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dan telahpun diamalkan oleh orang-orang shalih dan para wali Allah sejak zaman dahulu kala sebelum masa Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, sampai ke zaman kita ini.

Mengenai apa-apa saja Ismul A’zhom itu para sahabat nabi dan ahli hadis memilki beberapa pendapat, yang mana satu dengan lainnya saling melengkapi.


Ternyata ulama-ulama Ahlus Sunnah wal Jamaah di Indonesia telah terbiasa selama ratusan tahun mewiridkan ayat-ayat Ismullahil A’zhomsetelah selesai shalat fardhu lima waktu, khususnya sholat Magrib dan shalat Shubuh, sebelum mengumandangkan doa. Banyak orang yang terburu nafsu menuduh amalan mereka sebagai amalan bid’ah yang terlarang, hanya karena baru membaca satu-dua buku hasil tulisan Orang Timur Tengah yang antidzikir dan anti doa. Padahal amalan para ulama tersebut justru sesuai dengan hadis-hadis Rasulullah dan dikutip dari kitab-kitab Ulama Besar yang sudah teruji pula kehebatannya. Sudah semestinyalah kita berhati-hati terhadap orang-orang yang baru belajar agama, tapi sangat berani menghina Ulama-ulama Besar terdahulu. Semoga keterangan ini dapat menjadi pelajaran berharga bagi kita umat akhir zaman ini.


Para Ulama Ahli Sunnah Wal Jama'ah selalu menganjurkan murid-muridnya untuk senantiasa mendzikirkan lafazh Ismul A'zhom ini sehari-hari, agar menjadi tajam dan mantap jika digunakan. Jadi tidak sekonyong-konyong dipakai kapan perlu saja.

SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar